I Wayan Balawan (lahir 9 September
1973 di Gianyar, Bali) adalah pemusik Jazz Indonesia. Balawan adalah seorang
gitaris Jazz yang nama mencuat dan semakin difavoritkan di Indonesia. Balawan
membentuk Batuan Ethnic Fusion yang mengusung eksplorasi musik tradisional
Bali.
Di kesehariannya, anak-anak di Bali umumnya terekspos upacara agama Hindu, dimana doa-doa, aroma bakaran dupa, gamelan Bali dan umat yang apresiatif menyatu. Ini membawa konsekuensi logis: apresiasi terhadap seni dan musik tumbuh di masa kanak-kanak. I Wayan Balawan tak luput dari konsekuensi lingkungan ini di masa kecilnya, dan itulah yang membentuk kejeniusannya bermusik.
Di kesehariannya, anak-anak di Bali umumnya terekspos upacara agama Hindu, dimana doa-doa, aroma bakaran dupa, gamelan Bali dan umat yang apresiatif menyatu. Ini membawa konsekuensi logis: apresiasi terhadap seni dan musik tumbuh di masa kanak-kanak. I Wayan Balawan tak luput dari konsekuensi lingkungan ini di masa kecilnya, dan itulah yang membentuk kejeniusannya bermusik.
Sinkretisme Musik, Teknik Tapping dan Kecepatan. Setelah menyaksikan konser
Balawan dua hari di University Cultural Center - NUS, saya menemukan perkawinan
antara gamelan Bali dengan jazz. Perkawinan itu diusung oleh Balawan dan Batuan
Ethnic Fusion. Balawan adalah musisi muda yang berbakat dan memiliki motif
mulia: dia mencoba menggabungkan gamelan Bali dengan jazz, yang saya rasa, itu
hanya akan dilakukan oleh musisi yang sudah matang. Proses menggabungkan jazz
dengan gamelan Bali bisa dimaknai sebagai sinkretisme dalam musik. Gamelan
adalah pentatonik sedangkan jazz adalah diatonik. Jazz bisa dimainkan dengan
tempo lambat ataupun cepat, sedangkan gamelan Bali umumnya cepat. Hal pertama
yang harus dilakukan untuk memasukkan jazz dalam gamelan Bali adalah dengan
menyamakan tempo. Hal kedua adalah memasukkan nada-nada jazz dalam gamelan, dan
sebaliknya.
Balawan memainkan gitar elektrik dengan teknik right-handed tapping (teknik ini
dipopulerkan oleh Eddy van Halen tahun 70an) dimana dia menekan senar gitar
antar dua fret dengan empat jari (tangan kanan) seperti memainkan piano, dan
empat jari dari tangan kiri memainkan bass dan chords. Kelincahan jemarinya
sungguh tinggi, namun kehalusan melodi gitar tetap dipertahankan. Balawan juga
dikenal sebagai gitaris Asia pertama yang mampu memainkan tapping delapan jari
pada double-neck guitar secara bersamaan.